Have a happy landing on Math-AL Island!

Animated Blue Pencil

Kesebangunan (PPT included)

Apakah kedua segitiga yang terletak dibawah tangga tersebut sebangun? Sebelum kita menentukannya, ayo kita mengenal apa sebenarnya yang dimaksud kesebangunan itu sendiri.

         Kesebangunan adalah kesamaan perbandingan panjang sisi dan besar sudut antara dua buah bangun datar atau lebih. Pengertian kesebangunan seperti ini berlaku umum untuk setiap bangun datar. Dua bangun datar dikatakan sebangun jika memenuhi dua syarat berikut :

1) Panjang sisi-sisi yang bersesuaian dari kedua bangun itu memiliki perbandingan senilai.

2) Sudut-sudut yang bersesuaian dari kedua bangun itu sama besar.


     Salah satu syarat kesebangunan adalah sudut-sudut yang bersesuaian sama besar. Maksud dari kata sama besar adalah ukuran sudutnya sebanding (memiliki perbandingan yang sama). Dua bangun yang kongruen pasti sebangun, tetapi dua bangun yang sebangun belum tentu kongruen. Karena pengertian dari kongruen itu sendiri adalah sama dan sebangun.

        Nah, setelah mengetahui sedikit tentang kesebangunan ini, sekarang jawab pertanyaan yang di atas, sebangunkah 2 segitiga itu? Masih belum jelas? Silahkan baca dalam PPT dibawah ini. Semoga bermanfaat ^^

Kesebangunan from novikaaaj

Jika bingung dengan PPTnya, karena saya menggunakan hyperlink dan slide master, maka untuk memudahkan mengoperasikan PPT silahkan didownload terlebih dahulu disini. 

0 comments:

Post a Comment

Novika Andriani A.J. Powered by Blogger.