LINGKARAN
Standar Kompetensi
4. Menentukan unsur, bagian lingkaran serta ukurannya
Kompetensi Dasar
4.1 Menentukan unsur dan bagian-bagian lingkaran
4.1 Menentukan unsur dan bagian-bagian lingkaran
4.2 Menghitung
keliling dan luas lingkaran
A. Pengertian Lingkaran
Nah, adik-adik sekalian..
pernahkah kalian mengamati bentuk bianglala yang ada di taman bermain?
Atau
bentuk jam dinding?
Tahukah kalian bentuk apakah itu? Ya, benar sekali
LINGKARAN. Apa sih pengertian dari lingkaran
itu? Mari kita amati lebih dahulu gambar dibawah ini
Yuk, kita amati bersama.
Misalkan A, B, C merupakan tiga titik
sebarang pada lingkaran yang berpusat di O. Dapat dilihat bahwa
ketiga titik tersebut memiliki jarak yang sama terhadap titik O.
Dapatkah kalian menyimpulkan
pengertian dari lingkaran? Nah, jika sudah menyimpulkan mari kita cocokkan jawaban adik dengan pengertian yang mbak kutip dari Buku Pelajaran BSE Matematika kelas 8 semester II ini :
“lingkaran
adalah kumpulan titik-titik yang membentuk lengkungan tertutup, di mana
titik-titik pada lengkungan tersebut berjarak sama terhadap suatu titik
tertentu.”
B. Unsur-unsur Lingkaran
Setelah ngubek-ngubek youtube kemarin sore, mbak nemuin video yang insyaAllah bisa membantu kita mengidentifikasi unsur-unsur lingkaran. Ayoo ditonton dulu videonya ya....
Sudah mengerti? Belum? Yuk kita kupas lagi lebih mendalam bersama-sama..
1. Titik O disebut pusat
lingkaran. Titik pusat lingkaran adalah titik yang terletak di tengah-tengah
lingkaran.
2. Ruas garis OA, OB, OC,
dan OD disebut jari-jari lingkaran. Jari-jari lingkaran yaitu ruas garis yang
menghubungkan titik pusat lingkaran dengan titik pada keliling lingkaran.
3. Ruas garis AB disebut
diameter atau garis tengah. Diameter adalah ruas garis yang menghubungkan dua
titik pada keliling lingkaran dan melalui titik pusat lingkaran.
4. Garis lengkung AB, AC,
AD, BD, BC disebut busur lingkaran. Busur lingkaran adalah garis lengkung yang
merupakan bagian dari keliling lingkaran dan menghubungkan dua titik sebarang
pada keliling lingkaran.
5. Ruas garis AC disebut
tali busur. Tali busur adalah ruas garis yang menghubungkan dua titik pada
keliling lingkaran.
6. OE dan OF disebut
apotema. Apotema adalah jarak terpendek dari titik pusat ke tali busur.
7. Daerah COB disebut
juring atau sektor. Juring adalah daerah yang dibatasi oleh dua jari-jari dan
busur yang diapit oleh jari-jari tersebut.
8. Tembereng adalah daerah
yang dibatasi oleh busur dan tali busurnya.
C. Keliling dan Luas
Lingkaran
1) Keliling lingkaran
Dalam video dibawah ini,
akan diperlihatkan cara mencari keliling lingkaran, yuk kita simak bersama-sama :)
Nah, setelah melihat video
diatas mari kita mencoba secara mandiri untuk menemukan rumus keliling
lingkaran. Lihat langkah-langkah ini ya :
Jika langkah-langkah diatas adek lakukan dengan benar, maka akan didapat nilai yang sama untuk perbandingan keliling dan diameter pada setiap lingkaran. Nilai tersebut adalah 3,141592.... Inilah yang dimaksud dengan nilai π (phi). Jika dibulatkan dengan pendekatan, diperoleh π = 3,14. Oleh karena
22/7= 3,14 maka nilai π juga dapat dinyatakan dengan π = 22/7
Dari hasil kegiatan tersebut, diketahui bahwa π = K/d sehingga keliling lingkaran dapat dinyatakan dengan rumus sebagai berikut.
2) Luas Lingkaran
Luas lingkaran = πr2
Jadi, diperoleh luas persegipanjang tersebut : L = Panjang × Lebar
= π × r × r
= π × r2
Dengan demikian, luas daerah lingkaran tersebut dapat dirumuskan:
L = πr2 atau L =1/4πd2
Untuk mengasah kemampuan adek-adek sekalian, ini ada beberapa soal-soal yang bisa dikerjakan untuk melatih otak adek-adek dalam mengingat pelajaran yang telah kita pelajari tadi yuk dicek..
1. Sebuah lingkaran memiliki panjang diameter 35 cm. Tentukanlah:
a. panjang jari-jari,
b. keliling lingkaran.
2. Panjang jari-jari sepeda adalah 50 cm. Tentukanlah:
a. diameter ban sepeda tersebut,
b. keliling ban sepeda tersebut.
3. Sebuah lapangan berbentuk lingkaran memiliki 88 m, tentukanlah:
a. diameter lapangan tersebut,
b. jari-jari lapangan tersebut.
kalo sudah coba cocokan jawaban adek dengan jawaban dibawah ini :
Kunci:
0 comments:
Post a Comment